Wednesday, September 28, 2011

Belajar Sikat Gigi yuk, Sha...

Sha sekarang udh 1 tahun 9 bulan... giginya udah banyak.
Kami sudah beberapa bulan ini siapkan sikat dan pasta gigi khusus anak-anak buat Sha. Tapi karena kurang intensif ngajarinnya, jadinya Sha masih pakai sikat gigi sesuka hatinya...
Tapi saya sudah niat banget, pokoknya mulai hari ini, Sha mesti lebih intensif lagi belajar sikat gigi.

Beberapa hari lalu sempat browsing juga sih tentang cara2 ngajarin anak untuk sikat gigi. Yang penting disiplin dan konsisten. Berhubung kalau pagi agak2 ribet kalau mau ajarin Sha sikat gigi (soalnya mesti siap2 juga kan biar gak kesiangan ke kantor), jadinya pelajaran sikat giginya dimalam hari aja.

Sha biasanya kalau sikat gigi, maunya sendiri dan pakai pasta gigi anak-anak. Mungkin Sha suka rasanya. Pertama kali coba pasta giginya, Sha langsung mengulum sikat giginya dan bilang "es krim...es krim..."...hahahaha...

Malam ini, sebelum tidur, saya ajak Sha sikat gigi tanpa pasta gigi kesukaannya. Saya juga siapkan gelas yang berisi air matang untuk kumur-kumur... Pertamanya dia merengek-rengek minta pakai pasta giginya "odol... odol... odol...". Tapi gak saya kasih. kemudian saya ambil sikat gigi juga, dan langsung mempraktekan cara saya menyikat gigi (tanpa odol juga, supaya sama)... trus dia mulai mengikuti juga... sikat gigi atas...bawah...atas...bawah... sambil bilang "sik..sik...sik...". Bagian menyikat gigi dalam, Sha ngikutin juga. Tapi masih belum tepat, sih... Gerakannya masih kayak ngulum lolipop. Habis itu saya ajar Sha untuk kumur-kumur pakai air matang yang sdh saya siapkan sebelumnya. Pertama-tama saya kasih contoh dulu... minum-kumur-buang... Nah sekarang giliran Sha minum...minum...telan...mulutnya monyong kayak mau buang air yang ada di mulutnya. Tapi tentu aja gak keluar karena airnya udh ditelan duluan... Coba lagi... minum..telan...monyong tanpa ada air keluar dari mulutnya.. coba lagi...terus begitu berkali-kali sampai airnya habis setengah gelas... Trus Sha bilang "Abiiii..." (habis, maksudnya). Huufff.. gapapa deh...it's quite enough untuk malam pertama... besok malam, kita coba lagi yuk Sha. Sampai akhirnya Sha bisa sikat gigi sendiri.

Luv you, chubby... muahhh.. Met bobo ya sayang...

No comments: