Monday, October 3, 2011

Posisi Bayi Sungsang...

Hari sabtu kemarin kami kontrol kehamilan lagi ke dokter. Karena saat ini usia kandungan sudah 7 bulan, jadi kontrol rutin dilakukan 2 mingguan.

saat kami cek ke dokter kemarin, dokter bilang kalau bayi kami masih sungsang,,, masih dalam posisi kepala di atas... Duuuhhh... sedihnya. Dokter menyarankan agar saya mulai ikut senam hamil dan latihan nungging supaya mendorong bayinya berputar.

Malamnya, saya iseng-iseng browsing cari info di inet, ternyata ada bbrp penyebab bayi masih sungsang di usia 29 minggu :
rahim ibu cukup luas, sehingga bayi terus berputar-putar di dalam rahim. Hal ini biasa terjadi j ika ibu udh pernah melahirkan, bahkan sudah beberapa kali melahirkan.
kembar air atau volume air ketuban yang banyak. Dari info yang saya baca di inet, penyebab air ketuban yang banyak ini tidak ada relevansinya dengan seringnya ibu hamil minum air dingin / es... *syukurlah.....hehehe*
bayi terjerat oleh tali pusarnya... kalau hal ini yang jadi penyebab sungsang, maka posisi bayi tidak dapat dibalik. Upaya pembalikan bayi bisa menyebabkan bayi tercekik dan kekurangan oksigen.

Untuk penyebab pertama dan kedua masih bisa dibantu. Misalnya dengan pemijatan oleh ahlinya (dokter atau bidan) tapi tetap harus hati-hati jangan sampai ibu merasa sakit. Soalnya rasa sakit merupakan indikasi bahwa terjadi sesuatu dengan rahim. mungkin rahim robek atau terluka.

Posisi sungsang ini masih mungkin untuk berputar ke posisi normal s/d usia kandungan 34 minggu... *hfftt... 4 weeks to go!*

Ora et Labora... berusaha dan berdoa...

hari minggu kemarin saya mulai coba posisi nungging. Berdasarkan info dari seorang teman, katanya posisi itu memang membuat bayi gak nyaman dan berusaha cari posisi yang lebih nyaman, yaitu dengan berputar. Duhhh... saya pun ngerasa gak nyaman dengan posisi nungging kayak gitu. Leher dan sepanjang tulang pungung jadi terasa sakit. Tapi demi bayi kami, saya rela sakit-sakit... ayo dong sayang, berputar ya, cari jalan lahirnya...
Hari ini juga udh daftar senam hamil... nanti sore no matter what, pokoknya harus bisa datang untuk senam hamil jam 5 sore. Penting buat Ade. Semangat!

Dan dengan semua upaya yang udah dan akan kami lakukan, we are surrender to You, God... we trust in You always...

No comments: